Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Tifus

admin   July 9, 2017   Comments Off on Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Tifus

tips kesehatanSaat imun tubuh Anda lemah maka akan sangat mungkin tubuh Anda menjadi rentan terhadap penyakit. Tifus menjadi salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menular melalui makanan dan konsumsi air yang tidak bersih. Tifus akan menyerang orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah maka dari itu bagi Anda yang mengalami penyakit tifus sangat perlu melakukan diet untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat keparahan gejala. Yuk, simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh bagi penderita tifus.

Tips Pemulihan Setelah Terkena Tifus

Mengatur makanan atau diet sangat penting dilakukan dalam proses pengobatan tifus. Hal ini memiliki tujuan untuk mengatasi kondisi kesehatan Anda saat ini dan mencegah kambuhnya tifus. Makanan yang dianjurkan bagi penderita tifus adalah makanan yang mudah dicerna, jadi usahakan semua makanan setidaknya dimasak sampai menjadi lembut. Memasukkan yoghurt dan hanya mengonsumsi sedikit nasi dalam menu diet akan sangat tepat karena nasi yang mengandung serat akan membantu pencernaan dan yoghurt mengandung bakteri baik yang akan mengurangi tingkat keparahan. Anda perlu membatasi produk hewani selama proses penyembuhan, sebaiknya tidak memasukkan susu dalam menu Anda karena lebih sulit dicerna dan mengakibatkan diare. Agar lebih mudah dicerna maka ayam yang akan Anda konsumsi sebaiknya dikukus dan diiris halus sebagai tambahan sup untuk menambah asupan protein. Sup yang Anda konsumsi sebaiknya tidak menggunakan bumbu lada dan cabe karena akan merangsang saluran usus. Makanan yang perlu dihindari jika mengalami tifus adalah makanan yang mengandung serat tinggi seperti biji-bijian, ketan, umbi, gorengan, sayuran mentah. Hindari semua bumbu-bumbu sebisa mungkin terutama yang memiliki sifat panas seperti lada, dan segala jenis cabai.

Demikian ulasan singkat mengenai makanan yang dianjurkan dan dilarang bagi penderita tifus, meskipun tifus sudah teratasi mengatur makanan yang masuk pada tubuh Anda sangatlah diperlukan karena sebagai tahap penting dalam pemulihan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Related posts: