Definisi Menurut Para Ahli Mengenai Sistem Among Dalam Pembelajaran

admin   January 3, 2017   Comments Off on Definisi Menurut Para Ahli Mengenai Sistem Among Dalam Pembelajaran

Definisi Menurut Para AhliSob, definisi para ahli kali ini akan membahas tentang sistem among. Sistem among dalam pembelajaran memiliki dua suku kata yang sering membingungkan, yaitu sistem among dan metode among. Perbedaan dua suku kata tersebut dapat dilihat dari pengertian sistem pada sistem among, yang berarti suatu kesatuan dari beberapa komponen. Komponen tersebut saling berinteraksi dalam mencapai satu tujuan. Sedangkan metode merupakan salah satu komponen dari sistem tersebut. Dengan demikian, maka metode merupakan sub sistem dari sistem, dalam hal ini sistem among (Ki Hariyadi, 1985).

Sistem Among Dalam Pembelajaran Via Definisi Para Ahli

Tutwuri Handayani menjiwai metode among yang digagas oleh Ki Hajar Dewantara. Darsiti Soeratman (1989) menyatakan bahwa “Guru atau pamong mengikuti di belakang dan memberi pengaruh, bertugas mengamat-amati dengan segala perhatian; pertolongan diberikan apabila dipandang perlu”. Dengan menggunakan metode among, siswa diberi kebebasan untuk berkembang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan mereka tanpa paksaan dari guru maupun pamong. Pamong hanya bertindak ketika dirasa siswa memilih jalan yang belum tepat dalam proses pembelajaran.

Suparto Rahardjo (2010) menyatakan bahwa metode among berkaitan dengan kata dasar dari Mong yang mencakup Momong, Among dan Ngemong. Momong dalam bahasa Jawa memiliki arti merawat dengan tulus, penuh kasih sayang dan membiasakan hal-hal yang baik disertai dengan doa dan harapan agar kasih sayangnya menjadi siswa yang baik dan selalu di jalan kebenaran dan keutamaan. Among dalam bahasa Jawa berarti memberi contoh tentang baik maupun buruk tanpa harus mengambil hak siswa, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dalam suasana batin yang merdeka sesuai dengan dasarnya, erat kaitannya dengan asas ketujuh dari Tujuh Asas Taman Siswa. Sedangkan Ngemong dalam bahasa Jawa berarti proses untuk mengamati, merawat dan menjaga agar siswa mampu berkembang dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri serta disiplin berdasarkan nilai-nilai yang telah diperoleh sesuai dengan kodratnya. Nah itulah pengertian dari sistem among dalam pembelajaran yang ada di http://www.definisimenurutparaahli.com. Selamat membaca artikel lainnya, sob!

Related posts: