Cara Budidaya Lengkuas Di Polybag

admin   May 7, 2017   Comments Off on Cara Budidaya Lengkuas Di Polybag

Cara BudidayaCara budidaya berbagai jenis tanaman kini mulai banyak di minati oleh masyarakat luas. Dengan berbagai jenis alasan dari mulai menyalurkan hobi hingga dalam rangka mengetatkan pinggang dengan mencoba menanam sendiri aneka kebutuhan sayur, bumbu dan buah di pekarangan sendiri. Memang jika di hitung secara kalkulasi, menanam sendiri menghasilkan hitungan rupiah sekian persen yang bisa di hemat secara langsung. Hal ini tentu akan sangat menggembirakan seorang ibu rumah tangga sebagai salah satu orang yang ikut pusing memikirkan harga kebutuhan pokok yang terus melambung setiap harinya.

Cara Budidaya Lengkuas Di Polybag Untuk Memenuhi Kebutuhan Dapur

Salah satu kebutuhan pokok yang juga termasuk pokok adalah kebutuhan dapur di antaranya bumbu dapur. Bumbu di gunakan untuk membuat rasa masakan menjadi lebih sedap dan nikmat. Namun kebutuhan dapur juga terus mengalami peningkatan harga karena beberapa macam alasan. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara budidaya khususnya untuk tanaman lengkuas sebagai salah satu bumbu dapur yang sangat diperlukan keberadaannya setiap hari.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk melakukan budidaya lengkuas dengan menggunakan media tanam polybag.

  • Memilih benih lengkuas

Sebelum Anda menanam benihnya usahakan untuk memilih jenis benih dengan kualitas yang terbaik dengan ciri seperti memiliki rimpang yang sehat, sudah cukup tua, memiliki kondisi permukaan yang mulus serta tidak terserang oleh hama penyakit.

  • Penyemaian benih lengkuas

Sebelum benih di tanam, benih yang telah di seleksi harus terlebih dahulu di semai agar supaya harapan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik bisa lebih tinggi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyimpan rimpang dalam peti kayu yang di lapisi sekam padi.

  • Penanaman benih lengkuas

Setelah proses pemilihan dan penyemaian bibit di lakukan maka proses selanjutnya adalah proses penanaman benih. Anda perlu menyiapkan media tanam dengan perbandingan tanah dan pupuk kandang serta sekam padi. Waktu menanam yang terbaik adalah di waktu pagi dan sore hari. Anda bisa menanam 2 hingga 3 rimpang sekaligus dalam satu media tanam dengan posisi mata tunas menghadap tegak ke atas. Demikian beberapa cara pembudidayaan dalam https://budidaya7.blogspot.com.

Related posts: